Mengenal ColorOS : sistem operasi khas OPPO


ColorOS, jika mendengar kalimat tersebut pastilah kita merujuk pada sistem operasi yang dikembangkan oleh OPPO. Nah tentunya menarik menyimak perkembangan sistem operasi ini dari awal kemunculannya. Berikut adalah sejarah perlajalan sistem operasi yang terkenal dengan gesture dan pengembangannya bersama komunitasnya ini :

Project Firefly


OPPO mulai terkenal di jagat industri smartphone kala itu dimulai dengan kemunculan flasghip pertamanya, Find 5. Find 5 merupakan smartphone yang menembus batasan industri saat itu, salah satu smartphone kelas atas  yang mendapat predikat " The World’s First 1080p Smartphone " dan kala itu, Find 5 dibandrol dengan harga sangat bersaing, lebih murah dibanding smartphone flagship yang diperkenalkan oleh vendor pesaingnya.

Saat itu perkembangan android sngat stagnan, banyak vendor yang mengeluarkan flagship android dengan sistem operasi seadanya, sampai - sampai The Verge saat itu mengeluarkan kutipan It runs Android 4.1 with an extremely ugly skin” pada smartphone flagship yang beredar. Saat itu era smartphone flagship HTC One dan Samsung Galaxy S4.

Stock ROM OPPO Find 5, ketika pertama kali buka box

Pengembangan ColorOS dimulai dari project firefly. Project pengembangan OS ini dikerjakan OPPO dengan komunitasnya. Pada awalnya Find 5 mengunakan OS bawaan OPPO, kala itu saya dan teman - teman komunitas lebih mebnyebutnya stock rom. Kemudian beberapa bulan setelah Find 5 beredar, komunitas OPPO yang mernaung di forum colorOS ( saat ini namanya OPPO forum ) diajak untuk mengembangkan sistem operasi dasar ini. Saat itu OPPO mencari advisor dari tiap negara, beruntunya Indonesia terpilih 2 advisor yang juga merupakan teman saya om oldclass dan om vincent_smoox. Pada project firefly OPPO lebih banyak mengembangkan fungsi gesture yang sebelumnya telah ada pada stock rom. Projet firefly sendiri dibuat berbasis android jellybean 4.1.

Perekutan advisor untuk project firefly Find 5
Seperti apa project firefly pada Find 5 mungkin buat nostalgia bisa liat video review dari MKBHD berikut :


ColorROM

26 Juli 2014, project firefly bertransformasi menjadi sistem yang lebih sempurna, maka pada saat itu OPPO meresmikan nama baru untuk project ini menjadi ColorROM. ColorROM ini pertama kali diaplikasikan pada OPPO Find 5. Memang smartphone flagship ini menjadi anak emas OPPO dalam menerima pembaharuan. Perubahan besar dari project firefly ke ColorROM adalah penambahan fungsi gesture, widget fullscreen, live wallpaper baru dan notifikasi yang lebih menarik. Screenshot dengan melakukan gesture 3 jari diperkenalkan pertama kali pada sistem operasi ini.

UI ColorROM pada FInd 5
ColorROM pertama kali digunakan secara preinstaled pada seri Find Mirror. Find Mirror sendiri diperkenalkan di Indonesia pada akhir Oktober 2013. Color rom dikembangkan dengan menggunakan basis android jellybean 4.2.2.

R819 Find Mirror : Perangkat pertama yang mengusung ColorROM

Dan berikut video mengenai ColorROM :


ColorOS 1.0

Perubahan ColorROM menjadi ColorOS terjadi setelah OPPO mengeluarkan seri smartphone dengan kamera berputarnya N1 yang merupakan " The World First Android Smartphone With Rotating Camera ". N1 pertama kali dirilis ke publik pada akhir Desember 2013.

N1 : perangkat pertama pendukung ColorOS 1.0
ColorOS1.0 menambahkan beberapa pembaharuan, diantaranya desain antarmuka yang lebih modern, pengaturan kamera yang lebih pofesional, penambahan lockscreen standar android 4.2.  ColorOS 1.0 menjanjikan performa yang lebih baik dengan peningkatan konsumsi daya sebesar 30%. ColorOS 1.0 juga menambahkan fitur baru seperti exlusive spae untuk widget music player dan photo space yang dapat merekam foto secara instan dan membuatnya lebih bercerita, global gesture panel yang menawarkan banyak fungsi gesture untuk membuka aplikasi dan live weather berupa real time keadaan cuaca yang tampil pada layar secara langsung. ColorOS 1.0 dibuat dengan berdasarkan android jellybean 4.3. Beberapa perangkat yang menggunakan sistem operasi ini adalah N1, N1 mini dan R1x.

Antarmuka ColorOS 1.0
Untuk lebih jelasnya mengenai fitur ColorOS 1.0 dapat disimak melalui video berikut :


ColorOS 2.0

Pengembangan sistem operasi khas OPPO selanjutnya adalah ColorOS 2.0. Sistem operasi ini diperkenalkan seiring dengan peluncuran R5 dan N3. Perangkat yang mendapatkan sistem ini pertama kali adalah Find 7 melalui beberapa tahapan pengembangan ( Beta version ). ColorOS 2.0 tentunya membawa banyak sekali perubahan dibandingkan sistem operasi sebelumnya. Peremajaan antarmuka menjadi lebih moderen diterapkan pada sistem operasi ini dengan menambahkan efek blur ketika masuk ke dalam folder aplikasi. ColorOS 2.0 dibuat berbasiskan android 4.4.2 hingga 4.4.4 kitkat.


Selain itu OPPO menambahkan fitur voice print unlock, penambahan efek berkabut pada live weather 2.0 , penerapan single hand operation , fitur easy crop screenhot dimana gambar tangkapan layar dapat langsung dipotong tanpa harus masuk ke aplikasi pihak ketiga dan fitur air gesture dimana pengguna dapat menggulirkan layar tanpa melakukan sentuhan hanya dengan sapuan di udara. Tidak lupa juga OPPO mengoptimasikan fitur penyimpanan daya dengan fitur deep power saving dimana sistem akan otomatis mengurangi animasi dan melakukan underclock cpu demi mendapatkan konsumsi daya yang sangat rendah.

Prangkat yang menggunakan ColorOS 2.0 diantaranya Joy +, Joy 3, Neo 5, Mirror 3

Tentunya penasaran dengan sitem operasi ini? Berikut adalah video preview dari ColorOS 2.0 :



ColorOS 2.1

Lagi lagi perangkat yang mendapat sistem operasi tercepat OPPO ini adalah Find 7. Perangkat flagship OPPO ini agaknya mendapat prioritas untuk update sistem operasi, setelah pengembangan ColorOS untuk Find 5 berhenti di versi 2.0. Jika ColorOS 2.0 dikembangkan berbasiskan android 4.4.4 Kitkat, maka untuk versi ColorOS ini OPPO melakukan pengembangannya berdasarkan android kitkat 4.4.4 ( pada OPPO R7 ) dan android lolipop 5.1 ( pada seri Find 7, R7 Plus, R7 Lite, R7s, Neo 7) sampai dikembangankan ke android lolipop 5.1.1 ( pada Mirror 5 ).

Icon ColorOS 2.1 ( atas ) tampil lebih moderen dan datar dibanding ColorOS 2.0 (bawah )
Pada sistem operasi ini, OPPO melakukan redesign pada icon - icon dan tema antarmukanya. Icon dan antarmuka OS ini diperbaharui lebih moderen. Icon dibuat sedikit lebih flat dibanding pada versi sebelumnya. ColorOS 2.1 juga membawa banyak peningkatan. ColorOS 2.1 diklaim 30% lebih cepat dari sistem operasi sebelumnya. Loading aplikasi dipersingkat menjadi 311 ms. Dan OPPO melakukan otimasi booting menjadi lebih cepat. Tingkat kompresi dan manajemen memory menjadi lebih baik sehingga penggguna mendapat lebih banyak ruang memory untuk menjalankan aplikasi.

Tampilan antarmuka ColorOS 2.1
10 menit aplikasi tidak digunakan, sistem ColorOS 2.1 akan melkukan penutupan secara otomnatis. Hal ini mengakibatkan ruang memory yang lapang. Optimasi penggunaan daya juga lebih diperbaiki. Dan pada sistem operasi ini pertama kalinya OPPO menggunakan launcher single layer. OPPO tentunya masih mempertahankan fungsi gesture yang sudah menjadi ciri khasnya semenjak peluncuran Find 5 pada akhir Desember 2012.

Pada pengembangan sistem operasi ini, OPPO juga mengembangkan lagi teknologi pengolahan gambar Pure Image Technology 2.0+ dimana pada beberapa perangkat yang mengadopsi ini diperkenalkan fitur fill light selfie yakni untuk membantu swafoto pada kondisi kurang cahaya hanya dengan tambahan dari layar perangkat.

Seperti apa ColorOS 2.1 ? silahkan simak  video promosi dari ColorOS 2.1 berikut ini :


ColorOS 3.0 ( Rumor )

Rumor ColorOS 3.0 muncul dalam beberapa gambar yang beredar di Internet. ColorOS terbaru ini memiliki nomer bentukan 3.0.0_151216_Alpha dan diujicobakan pada perangkat OPPO R7s. Sekumpulan gambar yang beredar menunjukkan sistem operasi ini memiliki tampilan lebih flat dibanding sistem operasi sebelumnya. Lebih datar dari sistem operasi MIUI pada Xiaomi. ColorOS 3.0 dibuat berdasarkan pada Android 5.1.1 Lollipop yang menambahkan fitur dialer baru dengan fungsi Yellow Pages. OPPO juga menambahkan fungsi untuk menyembunyikan tombol di layar dengan menekan simbol panah kecil di sudut layar.

Bocoran gambar antarmuka ColorOS 3.0


Jadi begitulah perjaanan panjang ColorOS yang sudah kurang lebih 1,5 tahun dikembangkan OPPO bersama komunitasnya dan advisor dari berbagai negara. Sebenernya kalian bisa lihat ada beberapa banyak ColorOS advisor atau OPPO ambassador yang turut membantu pengembangan sistem operasi ini melalui setting >> about phone >> special thanks. Biar gak penasaran saya sertakan long screenshotnya ya :)




Share this:

15 comments :

  1. Cara atasi terkena holo luncher giman mastah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Goblok lu bangsat..mbah lu suruh brantem sini sm gw goblok lu

      Delete
  2. 10 menit aplikasi jk tdk digunakan akan otomatis di tutup...mgk ini yg menyebabkan aplikasi assistive touch dll di oppo saya selalu tiba2 hilang dari home screen dan selalu jd "off" kembali di settingan nya

    ReplyDelete
  3. 10 menit aplikasi jk tdk digunakan akan otomatis di tutup...mgk ini yg menyebabkan aplikasi assistive touch dll di oppo saya selalu tiba2 hilang dari home screen dan selalu jd "off" kembali di settingan nya

    ReplyDelete
  4. maaf oot..ane mau minta tolong ini mastah ... ane kmrin instal spectrum beta R7s... trus ane mau flash kmbli ke stokromnya tapidah kagak bisa.. flash via recovery gagal terus coba via flash tool tapi usb degubbingnya gak mau di hh nya...mohon bantuannya mastah :)

    ReplyDelete
  5. Setelah dawlod nya semua aplikasi hp tak bisa dibuka

    ReplyDelete
  6. hp saya kok tambah lemot ya setelah pembaruan ColorOs versi terbaru .. gimana cara ngembalikan seperti semula , tolong bantuannya

    ReplyDelete
  7. ColorOS versi terbaru semakin gak bisa buka aplikasi yg laen.. Mending ga usah diperbarui.

    ReplyDelete
  8. ColorOS versi terbaru semakin gak bisa buka aplikasi yg laen.. Mending ga usah diperbarui.

    ReplyDelete
  9. Sy pengguna oppo neo 3...
    Color os nya 1.0...
    Kl versinya bisa di naikan ga...
    Kepengen lebih baik

    ReplyDelete
  10. Hallo,maaf mau nanya. Hp teman saya oppo a37f trus di sistem pembaruan online kok udah setengah jam belum nyala2 ya hpnya

    ReplyDelete
  11. Tanya min, ane kan pakek oppo R7,, kalau ColorOS nya ane pakek yang F1plus bisa gak min?

    ReplyDelete
  12. Sampah lu njing pak sugeng suruh ribut jarak jauh sini sm gw bangsat

    ReplyDelete

 
Copyright © Nikondroid. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates